Kreativitas
guru merupakan istilah yang banyak digunakan, baik di lingkungan sekolah maupun
luar sekolah. Pada umumnya orang menghubungkan kreativitas dengan produk-produk
kreasi. Dengan kata lain produk-produk kreasi itu merupakan hal yang penting
untuk menilai kreativitas. Clark Monstakos, seorang psikolog humanistis
menyatakan bahwa kreativitas adalah pengalaman mengekspresikan
(mengaktualisasikan) identitas individu dalam bentuk terpadu dalam hubungan
dengan diri sendiri, dengan alam dan orang lain
Ciri-ciri
Guru yang Kreatif
Sebagaimana
telah dikemukakan sebelumnya, bahwa guru bukanlah sekedar orang yang berdiri di
depan kelas untuk menyampaikan materi pengetahuan tertentu, akan tetapi adalah
anggota masyarakat yang harus ikut aktif dan berjiwa besar serta kreatif dalam
mengarahkan perkembangan anak didiknya untuk menjadi anggota masyarakat yang
dewasa.
Pada
hakikatnya, mengajar jika dilakukan dengan baik telah dikatakan kreatif. Kunci
keberhasilan pengembangan kreatif itu terletak pada mengajar dengan kreatif dan
efisien dalam interaksi yang kondusif. Hal ini tidaklah mudah dan dibutuhkan
keahlian dan kreativitas dalam kegiatan pembelajaran agar tercapai apa yang
diharapkan. Secara umum dapat dinyatakan bahwa individu dengan potensi kreatif
dapat dikenal melalui pengamatan ciri-ciri sebagai berikut:
a. Memiliki
hasrat keingintahuan yang cukup besar.
b. Bersikap
terbuka terhadap pengalaman baru.
c. Panjang
akal.
d. Mempunyai
keingintahuan untuk menemukan (meneliti).
e. Cenderung
lebih menyukai tugas yang berat (sulit).
f. Cenderung
mencari jawaban yang luas dan memuaskan.
g. Memiliki
dedikasi, bergerak dan aktif menjalankan tugas.
h. Berfikir
fleksibel.
i. Menanggapi
pertanyaan yang diajukan serta cenderung memberi jawaban yang lebih banyak.
j. Kemampuan
membuat analisis dan sintesis.
k. Memiliki
semangat bertanya serta meneliti.
l. Memiliki
daya abstraksi yang cukup baik.
m. Memiliki
latar belakang membaca yang cukup luas
Jumlah
dan ragam model pembelajaran inovatif sangat tidak terbatas tergantung dari
kemampuan (kreativitas dan inovasi) guru dalam berkarya untuk menciptakan
model-model pembelajaran yang baru. Yang terpenting dalam dunia pendidikan,
model pembelajaran inovatif harus mampu memotivasi/ membangkitkan semangat
belajar siswa dan mempermudah siswa mencapai tujuan belajar. Di samping itu,
model pembelajaran inovatif juga harus mampu membiasakan siswa
berperilaku positif dan produktif untuk kepentingan hidup mereka maupun orang
lain. Berikut ini disajikan beberapa contohmodel pembelajaran
inovatif yang mungkin bisa digunakan sebagai landasan bagi para pendidik (guru)
untuk melaksanakan pembelajaran maupun untuk mengembangkan model pembelajaran
yang baru.
Di sini saya akan
mencoba membahas kesulitan siswa dalam mempelajari konsep larutan penyangga,
dari jurnal yang telah saya baca kebanyakan siswa kesulitan dalam membedakan larutan
buffer asam dan larutan basa. Terkait hal tersebut saya akan membagikan sebuah
lagu,, dimana lagu ini merupakan salah satu dari inovasi pembelajaran kimia yang saya dapatkan waktu saya masih dibangku SMA dulu dari
guru Kimia saya dengan judul “Rekayasa Buffer” yaitu lagu dari Rekayasa cinta yang
telah diubah liriknya menjadi konsep larutan penyangga atau buffer. Hal ini
diharapkan dengan diterapkan lagu ini dapat menambah motivasi dan pemahaman
siswa dalam mempelajari konsep larutan penyangga.
Rekayasa Buffer
pH ................
Konsep yang sangat mudah
saja
Diulang alik, bagaimanapun
mudah jadinya
pH ...................
Hanya tinggal dilihat saja
yang mana habis yang mana sisa
Prinsip hitungnya
Bila sama-sama asamnya kuat
Tinggal dijumlah mol H+
nya
Bila sama-sama basanya kuat
Tinggal hitung mol OH-
nya
Kalau asam ditambah dengan
basa
Tinggal lihat manalah yang
bersisa
Asam yang kuat Basa yang
lemah
Tergantung sisanya ...
Reef : Kalau sisa asam
kuatnya saja
Tinggal cari pH Asam kuatnya
Kalau sisanya basa yang lemah
Buffer lah jadinya ...
Kalau asam ditambah dengan
Basa
Tinggal lihat manalah yang
bersisa
Asam yang lemah Basa yang
kuat
Tergantung sisanya ...
Kalau sisa Basa kuatnya
saja
Tinggal cari pH Basa
kuatnya
Kalau sisanya Asam yang
lemah
Buffer lah jadinya ....
Itulah cuplikan lagu
rekayasa buffer, bagaimana menurut pendapat dari teman-teman contoh dari inovasi pembelajaran kimia berupa lagu yang berisi konsep larutan buffer tersebut?
assalamualaikum wr wb
BalasHapushaii silvi,, menurut saya ririn eka yuliana (RSA1C114012) lagu rekayasa mengenai buffer itu sangat kreatif segingga membuat siswa menjadi lebih mudah mengingat materi mengenai buffer. dengan dibuat lagu seperti itu maka siswa akan tertarik untuk mempelajari mengenai buffer. siswa pun menjadi tidak bosan dan tidak menggaggap bahwa pelajaran kimia itu menyulitkan. karena itulah diperlukan ide - ide kreatif dari para guru untuk menarik minat siswa dengan cara - cara tertentu dan tentunya menyenangakan bagi siswa.
sekian terima kasih..:)
Assalamualaikum, menurut saya lagu ttg konsep larutan penyangga ini sangat menarik. Karena dapat meningkatkan motivasi pada siswa, dimana guru memberikan stimulus kepada siswa trsebut, agar mereka berfikir bahwa materi konsep larutan penyangga ini bukanlah materi yg sulit utk dipelajari dan juga dgn adanya lagu trsebut membuat siswa lbh mengingat materi trsebut lbh lama.
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusyosh jdi ingat kembali dikit. Reques lirik dan lagu materi kimia organik kalau ada...
BalasHapusterima kasih teman-teman atas pendapatnya :)
BalasHapus